NEWS

Dosen USM Bina Kelompok Tani Bina Lestari Ciptakan Kualitas Produk Berkualitas

Purworejo - Dosen Universitas Semarang (USM) yang terdiri dari Iswoyo MP, Dr Ttitin Wianrti MM, Drs Wawan Setiawan MM, Endah Pujiastuti MH menggelar pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan dan penyuluhan di Kelompok Wanita Tani Ternak (KWTT) Bina Lestari Dukuh Wunud Desa Tangkisan Purworejo.

Keempat dosen USM tersebut melakukan penyuluhan tentang manajemen pemeliharaan ternak yang berpengaruh pada kuliatas daging, manajemen pemasaran produk-produk KWTT yang bernilai ekonomi, pemasaran online melalui aplikasi digital, dan aspek legal dalam melakukan usaha yang meliputi perijinan, sertifikasi halal, ijin usaha, dan lain-lain.

Menurut Iswoyo bahwa manajemen pemeliharaan ternak akan mempengaruhi kualitas daging yang dihasilkan dari faktor pemeliharaan dan pakan yang diberikan ke ternak.

“Pemberian pakan yang baik dan berkualitas akan menghasilkan kuliatas daging yang baik dan berkualitas sehingga potensi genetik dari ternak yang bersangkutan akan muncul pada penampilan produksi daging pada umur tertentu” ungkap Iswoyo.

“Hewan ternak yang masih dalam masa pertumbuhan harus diperhatikan kualitas pakannya agar mampu menghasilkan bobot badan yang diinginkan pada umur tertentu dan kuliatas daging yang bagus” tambahnya.

Selain itu para dosen USM juga memberikan materi tentang aspek ekonomi, pemasaran hasil ternak pada KWTT Bina Lestari dan aspek legal hukumnya.(AW)


|